Tags

, , , , , , , ,

1. Semangat Harga Mati
Dengan adanya semangat di dalam jiwa dan pikiran kita, apapun yang kita kerjakan pasti akan lebih nikmat rasanya. Sekiranya apa yang kita kerjakan tidak lagi mampu membuat kita semangat, baca dan renungi ayat-ayat alquran yang mampu membakar semangat Anda Sobat muda. Diantara ayat alquran tersebut adalah:
Surat Al-Hadiid : 16 Yang berbunyi “Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik”.
Surat Ash Shaff: 10-13 yang berbunyi ”Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga Adn. Itulah keberuntungan yang besar”.
2. Jujur Sepenuh Jiwa
Dengan kejujuran hati akan merasa tenang dan lapang, sehingga tidak ada sesuatupun yang dapat meresahkan hati ketika menjalankan suatu amanah (tanggungjawab) yang diberikan. Banyak sekali Hadits dan Alquran yang menyatakan masalah ini diantaranya adalah:
Rasul Saw. bersabda : “Hendaklah kalian semua menjadi jujur, karena sesungguhnya kejujuran itu akan membawa kepada kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan itu akan menyampaikan kalian ke syurga. Bialamana seseorang itu jujur dan menguasai sifat jujur (secara terus menerus), maka Allah menetapkannya sebagai seorang yang jujur. Dan sekali-kali jangan kalian berbohong, karena sesungguhnya kebohongan itu menggiring kalian kepada berbagai kejahatan (dosa) dan sesungguhnya berbagai kejahatan itu akan menggiring kalian ke neraka. Bilamana seseorang itu berbohon dan terus menerus berbohong, maka Allah akan menetapkannya sebagai pembohong”. (HR. Bukhari dan Muslim).
Dan dalam Firman Allah SWT
“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. At-Taubah:119)
“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar menegakkan
keadilan, menjadi saksi karena Allah, biarpun terhadap dirimu sendiri ataupun ibu-bapak
dan kerabatmu.”
(An-Nisa: 135)
3. Disiplin Itu Penting
Dengan berdisiplin segala pekerjaan yang dilakukan akan selesai tepat waktu, tidak ada pekerjaan yang menumpuk yang menyebabkan timbulnya rasa penat dan terburu-buru. Waktu sangat penting dalam kehidupan kita. Banyak sekali peringatan berkenaan dengan waktu ini. Yang jika disia-siakan ia takkan pernah dapat kembali lagi. Ayat dan hadits Alquran yang menyatakan tentang waktu ini antaranya:
Allah berfirman dalam ” Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati supaya bersikap sabar.” (Al-Ash : 1-3).
Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda : “…Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari).
4. Melayani Sepenuh Hati
Jika sesuatu yang kita kerjakan dengan ikhlas, jujur, sepenuh hati, dan semangat, tidak akan ada lagi keluhan, masalah-masalah yang tidak bisa dihadapi. Dan apapun pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati Insya Allah usaha tersebut akan sukses dan berkembang menjadi lebih baik..
Salam Sobat Muda
By: Azmi Fajri Usman
Maestro Motivator