Tags

, , , , , , , ,

Sakit hati dapat dialami siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Bila tidak diantisipasi dengan cepat dan tepat, bisa membuat suasana hati dan pikiran sumpek. Rasa sakitnyapun jadi berlarut-larut.

Beberapa tips untuk membuat hati yang lagi sumpek jadi lapang:

  1. Singkirkan dulu persoalan yang bikin sakit hati. Ingat saja hal-hal yang menyenangkan, semisal prestasi atau keberhasilan- keberhasilan Anda selama ini.
  2. Pergilah ke tempat-tempat menyenangkan atau datangi orang-orang yang bersedia dijadikan tempat curhat Anda.
  3. Bila masih ada yang mengganjal di hati, keluarkan unek-unek dengan melakukan monolog mental di depan cermin atau menuliskannya di buku harian.
  4. Menangislah bila perlu, atau menjerit di tempat sunyi. Bisa juga sekadar mengepalkan tinju kuat-kuat, lalu memukulkannya ke udara kosong.
  5. Jika panas di hati mulai sedikit mereda, coba ingat-ingat kebaikan atau kelebihan orang yang telah menyakiti hati Anda. Seburuk apa pun manusia, pasti ada kebaikannya.
  6. Pelan-pelan maafkan dan lupakan kejadian yang menyesakkan hati itu.
  7. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kini Anda telah benar-benar dalam kondisi netral dan positif untuk kembali menjalani hidup sehari-hari.
  8. Kalau ternyata tidak bisa, cari ketenangan di tempat yang juga tenang.
  9. Dekatkan diri kepada Allah. Dengan memperbanyak dzikir dan membaca Alquran.
  10. Introspeksi diri. Setelah apa yang kamu alamin, lebih baik diambil aja hikmahnya dan coba untuk introspeksi diri. Mungkin selama ini tanpa sadar, kamu juga pernah menyakiti hati orang.

Semoga bermanfaat…..

(diambil Dari berbagai sumber)

Azmi Fajri Usman

Maestro Motivator