1.   Mempelajari Sirah Rasulullah Saw

Karakteristik rasulullah merupakan representasi  terlengkap sebuah pribadi agung yang pernah lahir di muka bumi ini. Keagungan kepribadian beliau mencakup segala aspek kehidupan. Beliau sebagai ayah dan tidak semua rasul menjadi ayah. Beliau sebagai suami dan tidak semua rasul menjadi suami dst.

Setidaknya ada empa hal inti yang secara ringkas menyangkut kehidupan beliau antara lain: penata akhlak yang utama, fitur keluarga yang utama, guru dan pembimbing yang utama, pemimpin Negara, politikus dan komandan tentara yang utama.

2.   Kekhususan Nabi Saw dibandingkan Rasul yang lain.

  • Nabi Muhammad Saw adalah penutup nabi dan rasul

Allah berfirman yang artinya:” Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS.Al-Ahzab 40)

  • Nabi Muhammad Saw diutus untuk seluruh manusia

Allah berfirman yang artinya: ” Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui”.(QS. Saba 28)

  •   Nabi Muhammad Saw diutus hingga hari kiamat
  •   Nabi Muhammad Saw rahmat bagi alam semesta

Allah berfirman yang artinya: “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. (QS. Al-Anbiya,21:107)

  • Ajaran yang dibawa Nabi Muhammad Saw berfungsi mengganti atau menyempurnakan syariat nabi terdahulu

Allah berfirman yang artinya: “Ayat mana saja yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan (manusia) lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya. Tidakkah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu?.”                       (QS. Al-Baqarah, 2:106)

3.   Hal-hal yang Harus Ditiru dari Rasulullah Saw

  • Akhlak Muhammad

Dia memiliki berbagai sifat kebaikan ciri kesempurnaan, kebersihan, hikmah, rendah hati, berbudi, hubungan kekeluargaan yang baik, pemurah, adil, hidup sederhana, takwa, pemberani, fasih dalam berbicara, dll.

  • Pergaulannya

Senantiasa bermuka cerah, senyum tak lepas dari bibir beliau, bergaul akrab dengan para sahabatnya yang sakit, pemaaf, berbuat baik pada yang pernah berbuat buruk padanya.

  • Kerendahan hatinya

Pada suatu hari seorang sahabat beliau melihat beliau sedang tidur diatas tikar lalu ia menangis terharu atas apa yang ia lihat. Beliau bertanya, “Kenapa kau menagnis?” Maka jawab sahabatnya itu: “Engkau menyebut-nyebut kaisar Rum dan Kisra Parsi serta kerajaan keduanya sedang aku melihatmu tidur beralaskan tikar sedang engkau Rasul Allah kepada makhluk-Nya dan khalifah-Nya si muka bumi-Nya.” Maka jawabannya menenangkan,”Biarkanlah untuk mereka dunia dan untuk kami akhirat,” lalu membaca firman-Nya: “Nergeri akhirat itu kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di muka bumi kesudahan yang baik itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Qashash:83)

  • Kemurahannya

Nabi Muhammad Saw terkenal sebagai seorang yang sangat pemurah dan pengasih. Dirham dan dinar yang berada ditangan beliau tidak pernah bertahan lama selain diinfakkan kepada orang miskin

Ahmad meriwayatkan dari Anas bahwa Nabi Muhammad Saw tidak pernah menolak suatu permintaan atas dasar islam.

Ia berkata:”Ada seorang laki-laki datang kepada beliau lalu meminta untuk memberikan sekumpulan domba yang sangat banyak jumlahnya yang memenuhi bukit dari domba-domba sodaqah. Orang itu kembali kepada kaumnya lalu berkata kepada mereka, “Wahai kaumku masuklah ke islam. Sesungguhnya Muhammad memberi suatu pemberian dan tidak takut miskin”

Azmi Fajri Usman

Maentro Motivator