1.   Dienul Islam

1.   Makna Dien

Di dalam bahasa Arab kata yang berakar kata dal-ya-un ini memiliki beberapa pengertian, yaitu:

  • Kekuasaan dan Pemaksaan

Allah berfirman yang artinya: “maka mengapa jika kamu tidak dikuasai (oleh Allah)?”. ” Kamu tidak mengembalikan nyawa itu (kepada tempatnya) jika kamu adalah orang-orang yang benar?.”(QS. Al-Waqi’ah, 56:86-87)

  • Aturan

Allah berfirman yang artinya: ” Maka mulailah Yusuf (memeriksa) karung-karung mereka sebelum (memeriksa) karung saudaranya sendiri, kemudian dia mengeluarkan piala raja itu dari karung saudaranya. Demikianlah Kami atur untuk (mencapai maksud) Yusuf. Tiadalah patut Yusuf menghukum saudaranya menurut undang-undang raja, kecuali Allah menghendaki-Nya. Kami tinggikan derajat orang yang Kami kehendaki; dan di atas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi Yang Maha Mengetahui”. (QS.Yusuf, 12:76)

  • Ketundukan

Allah berfirman yang artinya: “ Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentuk kamu lalu membaguskan rupamu serta memberi kamu rezeki dengan sebahagian yang baik-baik. Yang demikian itu adalah Allah Tuhanmu, Maha Agung Allah, Tuhan semesta alam”. “Dialah Yang hidup kekal, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia; maka sembahlah Dia dengan memurnikan ibadat kepada-Nya. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam”. (QS. Al-Mu’min,40:64-65)

  • Pembalasan/ Pertanggungjawaban

Allah berfirman yang artinya: ” sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti benar”.”dan sesungguhnya (hari) pembalasan pasti terjadi”. (QS. Az-Zariyat, 51: 5-6)

Dengan demikian kata Dien mencakup makna yang luas yang mencakup seluruh aspek kehidupan. Kata agama saja, tidaklah memadai untuk menerjemahkan kata Dien ini.

     2.   Makna Islam

Islam mengandung makna keselamatan dan kepatuhan. Penamaan ini langsung dari Allah Swt dan penamaannya di dasarkan atas esensi ajaran agama ini, bukan pada orang yang menyampaikannya (seperti Budha) atau pada tempat permulaan perkembangannya (seperti Nasrani atau Hindu)

2.   Nama-nama Lain Dienul Islam dalam Al-Quran

     1.   Dienullah

Penisbahan Dien ini kepada Allah menegaskan bahwa Dien ini langsung bersumber dari Allah Swt, bukan seperti ajaran/ideologi lain yang merupakan hasil karya manusia, firman Allah Swt berfirman yang artinya: “dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong”. (QS. An-Nasr, 110:2). Oleh karena sejak manusia yang pertama Allah menurunkan ajaran-Nya, maka seluruh Nabi dan Rasul membawakan islam. Allah berfirman yang artinya:” Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas”. (QS. Al-Baqarah, 2:212)

     2.   Dienul Haq, Dienul Qayyim, Dienul Khalis

Dengan sendirinya, tidak seperti pada ajaran / ideologi lain, dien ini seluruhnya benar, akan terbebas dari kesalahan dan penyimpangan, sehiongga misinya adalah dapat berdiri tegak di atas semua dien yang lain. Allah berfirman yang artinya“Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang musyrik membenci”. (QS. As-Saff, 61:9)

Bergeraklah..!!

Azmi Fajri Usman

Maenstro Motivator